Sabtu, 05 Mei 2018

ISP (Internet Service Provider)

 
 

Pengertian ISP (Internet Service Provider)

Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan yang memberikan jasa kepada masyarat untuk mengakses Internet. Sebagian ISP menggunakan kabel telepon untuk memberikan akses Internet ke masyarakat. Pada hari ini, terutama di daerah-daerah bertumbuhan perusahaan-perusahaan kecil ISP yang memberikan akses menggunakan Wireless atau lebih sering di kenal sebagai RT/RW-net dengan harga yang terjangkau dengan akses Internet yang beroperasi 24 jam per hari.
Sebagian ISP akan memberikan e-mail gratis kepada pelanggannya sehingga memungkinkan para pelanggan untuk mengirim/menerima e-mail melalui server ISPnya. ISP juga kadang kala memberikan jasa untuk menyimpan file dan halaman Web.
ISP resmi yang memperoleh ijin dari MENKOMINFO di Indonesia tergabung pada organisasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Daftar lengkap ISP resmi di Indonesia dapat di peroleh dari Web APJII tepatnya pada halaman http://www.apjii.or.id/layanan/index.php?lang=ind. Jumlah ISP di Indonesia di tahun 2007 lebih dari seratus ISP dengan perkiraan pelanggan Internet Indonesia sekitar 2 juta pelanggan baik perorangan maupun perkantoran. Jumlah total pengguna Internet di Indonesia di perkirakan mendekati 25 juta pengguna

Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Mengacu pada pengertian ISP, pada dasarnya fungsi ISP adalah sebagai perusahaan penyedia layanan koneksi internet bagi masyarakat umum. Jika tidak ada produk ISP, mungkin kita tidak bisa menikmati akses jaringan internet seperti yang biasa kita nikmati.
Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah adalah peranan dan fungsi ISP:
  • Sebagai perusahaan penyedia layanan jasa koneksi internet
  • Penghubung pengguna internet ke gateaway internet terdekat
  • Sebagai perusahaan penyedia perangkat modem untuk dial-up koneksi internet
  • Sebagai media penghubung pengguna jasa internet dengan layanan informasi yang ada di World Wide Web (WWW)
  • Penyedia tempat untuk homepage
  • Sebagai media yang membantu pengguna jasa untuk aktivitas download dan upload data dari internet
  • Dan lain-lain 

Pengertian, Fungsi, dan 5 Jenis Layanan ISP Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Layanan ISP Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap - Untuk melakukan akses internet kita harus memakai penyedia layanan internet yang disebut dengan ISP. salah satu penyedia layanan internet yaitu Telkomnet. Untuk lebih jelasnya lagi marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut. 

Pengertian ISP (Internet Service Provider)

ISP (Internet Service Provider) yaitu suatu perusahaan atau badan usaha yang menyediakan suatu layanan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP mempunyai infrastruktur telekomunikasi yang terkoneksi ke internet yang dimana ISP nantinya akan membagi suatu kapasitas koneksi internet yang dipunyai nya kepada para pelanggan yang membutuhkan sebuah jasa koneksi internet. Biasanya pada sistem langganan yang diterapkan oleh ISP yaitu suatu sistem langganan tiap bulan walaupun saat ini banyak sekali provider telekomunikasi yang menerapkan sebuah sistem berlangganan dengan sistem berbasis quota.

Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Fungsi ISP  (Internet Service Provider) dalam pengaksesan jaringan internet yaitu sebagai berikut:
  • Menghubungkan suatu pengguna/konsumen ke gateway internet yang terdekat.
  • Untuk suatu media yang memberikan suatu pelayanan jasa untuk terhubung ke sebuah internet.
  • Untuk yang Menyediakan barang modem untuk dial-up.
  • Untuk sebagai yang menghubungkan sih user kepada suatu layanan informasi WWW (World Wide Web).
  • Memungkinkan sih user untuk memakai suatu layanan surat elektronik, yang sering disebut dengan E-mail.
  • Memungkinkan para user untuk melakukan sebuah percakapan suara melalui sambungan jaringan internet.
  • Untuk Memberikan tempat untuk homepage.
  • Internet Service Provider (ISP) melakukan suatu proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan suatu sistem antivirus untuk penggunanya.
  • Fungsi ISP (Internet Service Provider) yaitu sebagai suatu perusahaan yang menawarkan sebuah jasa pelayanan untuk berhubungan dengan sebuah jaringan internet. Untuk bisa mengaksesnya, kita cukup menghubungi saja jasa Internet Service Provider/ISP melalui perangkat komputer dan modem. Sesudah itu ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.

Jenis Layanan ISP (Internet Service Provider) 

1. Dial-Up Connection
Dial-UP Connection ialah suatu cara melalui modem atau kabel telpon yang pada umumnya digunakan untuk melakukan akses internet di rumah. Dial-Up ialah sebuah koneksi yang sifatnya sementara. Meskipun penggunaan akses dial-up ini seperti: personal diap-up; corporate dial-up; night server acces; LAN dial-up ISDN.

2. Dedicated Connection
Dedicated Connection yaitu salah satu jenis koneksi yang sifatnya tetap dalam 24 jam dan kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang banyak menggunakan suatu kebutuhan koneksi internet dan digunakan oleh banyak komputer.

3. Hotspot
Hotspot salah satu jenis layanan internet tanpa menggunakan suatu kabel seperti dial-up. Hotspot biasanya digunakan pada tempat-tempat tertentu misalnya seperti di cafe, kantin, bandara, tempat-tempat nongkrong, dan lain sebagainya.

4. Wireless
Wireless yaitu salah satu jenis layanan internet tanpa sebuah kabel. Layanan akses internet ini tidak dipungut biaya telepon, tapi hanya dikenakan tarif atau biaya sebuah pemakaian internetnya saja.

5. Mobile Access
Mobile Access yaitu Sebuah layanan untuk mengakses internet yang bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui perangkat Handphone atau telepon seluler. jenis Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung suatu kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.

 
Bagaimana Cara Kerja ISP?
  • cara kerja isp
    Singkatnya, setelah pihak pengguna layanan ISP melakukan permintaan akses internet kepada ISP maka ISP akan me-routing jaringannya ke perangkat yang dimiliki  pengguna, seperti access point, modem, dan handphone.
    Selanjutnya, pengguna bisa menggunakan dan menikmati akses internet pada perangkat yang mereka miliki, bahkan bisa memilih tipe jaringan mana yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan.
     










0 komentar:

Posting Komentar